9/05/2006

Knowledge Management

Knowledge Management

Knowledge management (KM) akhir-akhir menjadi perkembangan hangat
dikalangan akademisi ataupun praktisi. Di era dan zaman teknologi
informasi seperti ini memang tidak bisa dihindari bahwa komponen
terpenting dari suatu kesuksesan bisnis dalah knowledge
(pengetahuan). Pertanyaannya adalah apakah pengetahuan dan knowledge
management itu?

Informasi yang kita punyai pada dasarnya bukanlah merupakan knowledge
(pengetahuan). Informasi hanya akan menjadi pengetahuan jika
informasi tersebut dapat digunakan dan diterjemahkan menjadi sebuah
arti yang bernilai bagi pengambilan keputusan perusahaan. Dari
pengertian tersebut, maka jelaslah bahwa pengetahuan itu akan timbul
bila adanya manusia (people) dan proses, dan yang lebih penting lagi
adalah masalah teknologi. Informasi hanya akan menjadi knowledge jika
ketiga komponen tersebut dapat berinteraksi secara sinergis. Kalau
hanya salah satu yang berfungsi makan informasinya belum menjadi
knowledge tetapi hanya sekedar new information yang tidak bernilai
dalam decision making.

Knowledge as a People issue
Tidak peduli seberapa baik informasi yang dimiliki oleh perusahaan,
jika orang yang ada dalam perusahaan tersebut tidak dapat
menemukannya, menyimpan dan menggunakannnya, maka informasi itu tidak
akan bernilai.
Pertukaran informasi antar individu dalam perusahaan akan membentuk
suatu realitas baru dimana informasi yang ada telah melalui sebuah
proses pemikiran diantara berbagai komponen pemikir di dalam
perusahaan. Ide-ide dan pertukaran informasi yang ada membuat
perusahaan akan berbeda dimana inovasi terhadap suatu keputusan akan
muncul sebagai akibat pertukaran ide dan informasi yang bernilai
dalam pengambilan keputusan.

Knowledge as Technology Issue
Teknologi sebagai salah satu sumber dalam mengubah informasi menjadi
pengetahuan dapat terlihat dari semakin berkembangnya penggunaan
teknologi untuk melakukan informasi sharing dari satu individu ke
individu lainnya. Karena dengan teknologi makan akan terjadi time
saving, di era teknologi informasi seperti ini waktu akan menjadi
sangat begitu berharga dan bernilai karena perusahaan yang dengan
cepat dan tepat memperoleh informasi akan dengan cepat pula mengambil
suatu keputusan untuk menang dalam persaingan di pasar. Dengan
teknologi yang ada maka information sharing akan menjadi cepat,
simple, gampang dan tepat waktu yang tentunya akan merubah informasi
menjadi pengetahuan (knowledge) untuk digunakan dalam decision making.

Knowledge as Processes Issues
Sebuah perubahan informasi menjadi pengetahuan membuthkan interasksi
antar berbagai individu dalam suatu perusahaan. Untuk itu dibutuhkan
suatu proses yang sinkron dan sinergis sehingga proses penyaluran dan
pen-transformasian informasi tersebut menjadi bernilai baik dari segi
waktu dan juga nilai tambahnya. Dengan adanya people dan technology
yang baik tidak akan menjamin jika proses di dalamnya tidak
menunjukkan suatu system yang terintegrasi untuk memberikan nilai
tambah dalam suatu information value chain.

Knowledge management (KM) nantinya akan menjadi suatu proses
menangkap,menyimpan,menyeleksi, memperbaiki dan mengevalusai asset
intelektual yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan konsep KM ini maka
kedepannya organisasi akan menjadi people centric. Dimana people
centric ini masih bisa dibagi menjadi dua yaitu internal people dan
external people. External people berkaitan dengan customer
intelligence yang berusaha memahami informasi konsumen yang kemudian
akan diproses oleh internal people secara sinergis diantara seluruh
information value chain yang ada untuk melahirkan suatu knowledge-
based decision yang cepat, tepat dan sinkron.

(sumber Marketing-club)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home